07 DES. DESEMBER SYAHDU BERSAMA SHEILA ON 7

Kalo minggu kemarin aku udah bahas Peterpan & NOAH juga bahas-bahas tipis lagu baru mereka (Kala Cinta Menggoda), kali ini aku mau bahas band Indonesia kedua yang gak kalah ikonik. Sheila On 7 atau orang-orang biasa nyingkat nama mereka jadi S07.


Jujur, aku gak habis pikir kenapa nama mereka yang sebelumnya Sheila Gank malah ganti nama jadi Sheila On 7. Menurutku sih, nama Sheila Gank itu keren & nunjukkin kesan brotherhood antara personilnya. Walaupun disatu sisi nama itu jadi kedengeran agak narsistik kalo diucapin. Seakan-akan kayak mereka aja gitu band yang punya rasa solidaritas & brotherhood paling ngetop. Tapi berkat perubahan nama itu, kita mungkin gak bisa kenal mereka & bisa aja, eksistensi mereka hanya sampai band yang mentas di festival-festival di Jogja doang.


Saat ini, S07 mungkin jadi satu-satunya band 90'an yang masih eksis di era yang sekarang bareng Jamrud & Padi (walaupun faktanya Jamrud udah ada dari 1985). Lagu-lagunya walaupun kedengeran bucin & sadboy abis, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang meng-cover di YouTube. Coba siapa yang gak tau lagu Dan, Sephia, & Sahabat Sejati. Mayoritas ketiga lagu itu sering jadi langganan YouTuber-YouTuber cover buat dapet view yang gede.


Berhubung ini juga udah bulan Desember, kebetulan S07 ini punya album yang terdapat kata Desember-nya. 07 Des menjadi album ketiga mereka sepanjang sejarah band yang rilis pada Maret tahun 2003. Loh, kan rilisnya bulan Maret. Tapi kenapa dinamain Desember? Bentar dulu.... Pelan-pelan aku jelasin dibawah sekaligus aku bakalan kasih beberapa fakta unik juga soal album ini.




  1. PERSEMBAHAN KEPADA FANS YANG MENINGGAL

Walaupun albumnya diberi judul 07 Des, sebenarnya album ini dirilis pada bulan Maret 2002. Album ini juga menjadi album studio ketiga mereka setelah sebelumnya merilis album Self Titled (1999) & Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000).

Album ini didekasikan kepada korban GOR Saburai di Bandar Lampung tahun 2000. Tragedi yang terjadi pada Minggu siang tanggal 19 November 2000. S07 yang tampil di tempat itu harus menerima kenyataan bahwa 12 orang yang menonton konsernya harus dibawa ke rumah sakit. Berdasarkan keterangan dari liputan6, 4 remaja putri tewas terinjak-injak & 8 lainnya dirawat di rumah sakit guna mendapat perawatan lebih lanjut.

Di tengah suasana histeris, ribuan penonton yang berada di luar gedung tersebut berusaha masuk ke dalam. Situasi ini membawa malapetaka. Ribuan penonton yang merangsek masuk membuat keadaan tak terkendali. GOR Saburai yang hanya dapat menampung 1.000 orang dipaksa menampung sekitar 4.000 penonton. Sesaat setelah kejadian tersebut, S07 langsung mengakhiri pertunjukan mereka pada lagu kelima. Dari artikel yang aku ambil, pihak promotor gak ngasih kejelasan sampai hari pemakaman korban dari tragedi tersebut. Aku juga kurang tahu pasti apa ada tindakan hukum seusai tragedi ini.


 2. MUSIKALITAS S07 YANG SEMAKIN MATANG

Album 07 Des menjadi salah satu karya menarik dari band asal Yogyakarta itu. Album ini menawarkan musikalitas S07 yang lebih matang. Sekaligus sisi produksi yang lebih baik. S07 banyak bereksperimen dengan musik orkestra & untuk mewujudkan hal tersebut, mereka turut bekerjasama dengan komposer kawakan Indonesia, Erwin Gutawa. Sebelummya Erwin sendiri sudah membantu mereka pada pembuatan lagu Sephia & Tunjuk Satu Bintang.

Tidak hanya Erwin Gutawa, kini seluruh personil mulai mencoba menulis lagunya masing-masing. Duta juga tidak hanya bertindak sebagai penyanyi solo, namun juga diiringi dengan vokal-vokal dari ketiga temannya, walau mereka hanya kebagian satu bait saja di lagu masing-masing.

Musik yang mereka bawakan masih mengandalkan sound-sound vintage dengan ciri khas mereka. Mereka juga melakukan eksplorasi musik Country & beberapa lagunya juga ditambahkan sentuhan isian string. Yang dapat dirasakan di lagu Seberapa Pantas yang juga menjadi lagu andalan album ini.


 3. MARI BERCINTA TERINSPIRASI PERANG IRAK




Dalam sebuah wawancara pada tahun 2018, Anton yang kini sudah keluar dari band menceritakan proses di balik lahirnya lagu Mari Bercinta. Lagu itu disebutnya terinspirasi dari peristiwa perang Irak yang dilihatnya di televisi.

"Lagu Mari Bercinta itu ditulis di Brunei. Kami diundang pihak kerajaan. Aku dulu satu kamar dengan Eross. Dia abis beli gitar Taylor akustik, terus aku pinjam gitarnya. Waktu itu lagi rame soal perang Irak & sewaktu aku bengong di toilet, aku mikir seandainya semua saling mencintai, gak ada perang. Nah, setelah pulang sampai rumah aku selesaikan lagu itu."

"Dari lirik, lagu itu (Mari Bercinta) selain bercerita soal relationship, juga ada makna soal keserakahan, memperebutkan wilayah dalam perang. Dulu sempat bingung mau diberi judul apa. Tapi akhirnya diberi judul Mari Bercinta karena dianggap catchy." sambung Anton.


4. TIDAK TERBURU-BURU DALAM MENYELESAIKAN

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan pengguna Wordpress bernama rockintari, Eross kembali menceritakan proses pembuatan album ini.

Eross mengatakan alasan pemberian nama 07 Des ini dikarenakan waktu mereka masuk studio untuk pengerjaan dimulai pada tanggal 7 Desember 2001. Eross mengatakan bahwa pada waktu itu suasananya sangat mendukung untuk menulis lagu. Mereka mengumpulkan sedikit demi sedikit lagu yang dibuat. Menurutnya, album ini paling mengalir, tidak dipaksakan harus buat lagu & tidak begitu dipusingkan. Karena pada waktu itu mereka juga masih disibukkan dengan jadwal manggungnya.

Walaupun materi album ini termasuk ringan, namun menurut Eross album ini sarat akan pesan tentang kehidupan yang terdapat pada lagu Tentang Hidup. Eross bercerita, ketika kita punya pertanyaan yang besar namun tidak dapat menjawabnya, kita akan selalu berpikir & bertanya, namun tetap saja tidak ada jawaban. Waktu itu, ia membuat sebuah tulisan yang berisi masalah yang ia punya. Setelah itu, ia baca ulang tulisan tersebut & mencoba merangkainya menjadi sebuah lirik yang tidak terdengar dipaksakan. Dan jadilah lagu Tentang Hidup.


Daftar Pustaka:
rockintari (Wordpress). "Tentang 07 Des dan Kisah yang Tersisa". https;//rockintari,wordpress,com/2015/12/30/tentang-07-des-dan-kisah-yang-tersisa/
alberteross (Kaskus). "Bernostalgia Dengan Album 07des Sheila on 7". https;//m,kaskus,co,id/thread/50c1a27f542acf033100000e/bernostalgia-dengan-album-07des-sheila-on-7/
Agustinus Shindu Alpito (Medcom,id). "Cerita di Balik Lagu Mari Bercinta dari Album Ketiga Sheila on 7, 07 Des". https;//m,medcom,id/hiburan/musik/Wb7x080k-cerita-di-balik-lagu-mari-bercinta-dari-album-ketiga-sheila-on-7-07-des
Liputan6. "Empat Tewas Dalam Konser Sheila on 7". https;//m,liputan6,com/news/read/4000/empat-tewas-dalam-konser-sheila-on-7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Album Vol. 3 Slipknot. Album Slipknot Paling Family Friendly

Lirih, Karya Terakhir dari Chrisye Sang Penyanyi Legendaris Indonesia